Pages

Rabu, 11 Juli 2018

PEMBELAJARAN SOFT SKILL DAN KEWIRAUSAHAAN


Manfaat Soft Skills dan Artinya bagi Karir Anda seorang profesional sudah jelas.  Rasanya kita tidak akan membahas lebih lanjut manfaat soft skills ini bagi pengembangan karir seseorang.
Soft Skills jika diartikan secara harfiah akan tampak rancu, yaitu “Ketrampilan Lunak”, dan karenanya istilah Soft Skills sudah common (umum) dijadikan ungkapan sehari-sehari tidak lagi diartikan harfiah, sedangkan lawan katanya adalah Hard Skills (Ketrampilan Keras).
Hard Skill dapat diistilahkan dengan Ketrampilan Teknis atau Technical Skills.  Soft Skills dan Hard Skills adalah 2 hal yang saling melengkapi bagi seseorang dalam menggapai prestasi dan kinerja gemilang.
Soft Skills adalah sikap, perilaku atau karakter individu yang ada dalam diri masing-masing.  Lebih condongnya pengertian soft skills adalah sikap dan kebiasaan Anda dalam berinteraksi dengan orang lain.  Soft skills tidak kasat mata dibandingkan kemampuan teknis, dan untuk memperolehnya Anda tidak serta merta harus mengikuti sebuah kelas pelatihan.
Manfaat Soft Skills dan Artinya bagi Pengembangan Karir
Setiap jenis pekerjaan akan selalu memerlukan sebuah ketrampilan sehingga dapat membantu Anda mengerjakannya, mencapai target yang ditetapkan dan meraih tujuan akhir yang dicanangkan.  Sebagai contoh, seorang fotografer tentunya perlu paham berbagai jenis lensa kamera, jenis lampu, tata cahaya dan lainnya.  Atau seorang guru perlu tahu cara membaca sebuah formula matematika dan mengerti cara mempraktekkannya.
Dan masih banyak lagi contoh pekerjaan lain, yang pastinya harus disertai ketrampilan yang terikat dalam pekerjaan tersebut.  Ketrampilan ini dikenal dengan Ketrampilan Teknis (Hard Skills) yang untuk memperolehnya Anda perlu belajar dan berlatih dalam program pendidikan khusus.
Dan selanjutnya dalam perkembangan berbagai jenis pekerjaan yang melibatkan banyak orang dengan kemampuan dan ketrampilan yang berbeda-beda, maka Anda akan ditunjang dengan ketrampilan lain yang dikenal dengan sebutan Soft Skills (Ketrampilan Non Teknis).
Sebuah ketrampilan yang sangat terkait dengan sikap dan perilaku Anda menghadapi orang lain untuk membantu pekerjaan Anda.  Manfaat Soft Skills dalam pekerjaan sangat menunjang performa Anda baik sebagai individu pun sebagai Leader (khususnya).
Untuk itu Pembelajaran Pendidikan Kecakapan Kerja  Lp2i Brawijaya  Program Keahlian Desain Grafis diberikan Ketrampilan Soft Skilss….. Salam Sukses




















0 komentar:

Posting Komentar