Pages

Sabtu, 18 Januari 2020

Pembelajaran Press Kaos

Pemindahan desain dari transfer paper ke dalam kain dibantu dengan mesin heat press untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal. Persipan yang dilakukan adalah 
  1. DesainDesain sesuai keinginan dan kebutuhan anda, dengan cara mencetak ke dalam transfer papernya terlebih dahulu. Anda bisa mencetak dengan beragam printer dengan kualitas yang baik.
  2. Kain atau kaosPersiapkan kaos atau baju yang ingin anda desain. Kain atau kaos sebagai media untuk pemindahan desain dari transfer papernya. Kaos yang dipersiapkan harus warna putih supaya hasilnya lebih tajam dan maksimal.
  3. Mesin PressPersiapkan mesin press kaos dengan suhu sekitar 185 derajat celcius dengan waktu 20 detik. Namun, jika anda menggunakan bahan kain yang tebal, tingkatkan lagi suhunya agar desain ditempel secara sempurna.
  4. Kertas Teflon Kertas ini merupakan kertas anti panas untuk menghantarkan suhu panas dari mesin press ke dalam kaos supaya lebih stabil.

 Proses cetaknya dengan langkah-langkah sebagai berikut :

  1. Atur posisi kain atau kaos di atas permukaan mesin press dengan rapid dan pastikan tidak ada yang melengkuk. Untuk menghindari kain kusut, sebaiknya anda mengepress satu kali terlebih dahulu dengan suhu yang sama tetapi dengan waktu yang lebih cepat.
  2. Letakkan transfer paper di atas kaos, letakkan dengan bagian yang terdapat gambar atau desain ke sisi permukaan kaos, bukan ke mesin pressnya.
  3. Melapisi bagian atas transfer paper dengan menggunakan kertas Teflon agar mendapatkan suhu yang rata di setiap sisi kaos.
  4. Mulai lakukan prosedur mesin press pada transfer paper dank ain dengan menyetting suhu 185 derajat celcius dan waktu pengepressan selama 20 detik. Setelah itu, press dan tekan media cetaknya.
  5. Jika waktu press kaosnya sudah selesai waktu pengepressan yakni 20 detik (ada bunyi tut), maka buka mesin pressnya dan lepas transfer papernya yang masih menempel pada kain atau kaos. Kelupas kertas transfer paper ketika posisi kaos masih panas, karena jika tidak segera dikelupas maka transfer paper akan menempel terus di kaos dan tidak bisa dibuka.

























0 komentar:

Posting Komentar